|
find us on : 
Home > TEKNOLOGI > Tak Ingin Ambil Resiko, XL Sudah Siapkan Jaringan Untuk Lebaran

Tak Ingin Ambil Resiko, XL Sudah Siapkan Jaringan Untuk Lebaran

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 28 April 2018 | 00:50:16
dibaca | 3871 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Libur lebaran memang masih lebih dari satu bulan lagi. Meski begitu, XL Axiata nampaknya tak mau ambil resiko dan memilih untuk mencuri start dalam mempersiapkan jaringan untuk lebaran.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya menjelaskan, dalam melakukan hal ini, mereka telah mempersiapkan banyak hal. Salah satunya adalah dengan menyediakan Mobile BTS (MBTS) di daerah keramaian saat mudik.

"Kami menyediakan sekira 49 MBTS khusus tahun ini. Jika di bandingkan tahun lalu yang hanya 29 MBTS, jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat," ujar Yessie dalam media gathering persiapan mudik 2018 di Bintan, Kamis (26/4/2018).

Selain itu, dia menjelaskan jika berkaca dari beberapa tahun kebelakang, mereka memprediksi akan ada peningkatan penggunaan layanan. Setidaknya, akannada peningkatan hingga 30 persen di semua layanan. "Mulai dari penggunaan data, telepon, dan SMS meningkat pada saat menjelang dan setelah lebaran," sambungnya.

Oleh karena itu, dia menyebutkan bahwa XL kini sedang melakukan hal lain selain mempersiapkan MBTS. Hal tersebut termasuk mempersiapkan jaringan yang lebih baik. "Kami juga menambahkan sekira kapasitas jaringan di 4000 BTS eksisting dan penambahan sekitar 8500 BTS baru di jalur mudik, ini juga termasuk di sepanjang jalur tol Jakarta Surabaya yang saat ini masih belum diresmikan." katanya.

Mengenai jalur Pantai Utara dan Selatan, XL pun sudah melakukan penguatan jaringan 4G. Jalur Pantura diklaim sudah tercover jaringan 4G sebesar 95 persen, sedangkan jalur Selatan mencapai 90 persen. Tak luput juga jalur transportasi umum seperti kereta api juga dimaksimalkan. Mereka mengklaim jika jalur kereta Jakarta Surabaya sudah tercover 90,95 persen.

Yang menarik, pada lebaran tahun ini, XL pun memprioritaskan Kalimantan dan Sumatera. Di kalimantan, jalur mudik telah tercover 4G sebesar 65,81 persen. Sedangkan di Sumatera daerah coverage mencapai 90 persen.

Terakhir, XL pun melihat tren para pemudik, yang memilih untuk mengunjungi lokasi wisata sebelum libur lebaran berakhir. Oleh karenanya, mereka juga melakukan strategi khusus untuk menanggulangi hal tersebut. "Kami juga akan meningkatkan jaringan di lokasi wisata seperti di Bintan dan lainnya," pungkasnya. (Bgs)