|
find us on : 
Home > PENDIDIKAN > Ikan Hiu Martil Menghiasi SeaWorld Indonesia

Ikan Hiu Martil Menghiasi SeaWorld Indonesia

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 09 Desember 2013 | 20:59:53
dibaca | 48303 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Ikan hiu kepala martil atau hammerhead yang didatangkan dari Taiwan akan menghiasi SharkQuarium (Akuarium ikan hiu) SeaWorld Indonesia.

General Manager SeaWorld Indonesia, Rika Sudranto mengatakan sebanyak 10 ikan hiu martil ini sedang beradaptasi di SeaWorld. Ikan terunik di dunia ini baru berumur setahun dengan panjang sekitar 90 cm.

"Pemberian nama Hiu Martil ini karena bentuk kepalanya yang lebar dan berbentuk separti martil atau palu , " ujar Rika.

Ia menerangkan, dengan mata yang terletak di setiap ujung kepalanya, penglihatan hiu ini bisa menjangkau kedalaman yang lebih baik.

" Selain itu, penglihatan, pendengaran dan indera penciumannya juga lebih tajam dan akurat , "jelasnya.

Menurutnya, hiu martil merupakan predator teratas dengan makanan utamanya ikan dan avertebrata. Ada semblan spesien hiu martil berukuran 2-6 meter. Tiga diantaranya yang paling berbahaya bagi manusia yaitu scalloped, great, dan smooth hammerhead.

Hiu Martil mampu mendeteksi sinyal listrik setengah miliar Volt. Menemukan partikel di air 10 kali lebih akurat. Membentuk kelompok di siang hari dan menjadi pemburu solo di malam hari. Reproduksi secara vivipar dengan masa kehamilan 9 -10 bulan serta melahirkan 15 hingga 30 anak. (SS)