|
find us on : 
Home > MELITER > Tinjau Lahan di Rancung, Pangarmabar Kunjungi Lanal Lhokseumawe

Tinjau Lahan di Rancung, Pangarmabar Kunjungi Lanal Lhokseumawe

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 12 April 2018 | 22:36:13
dibaca | 1549 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Jakarta, 12 April 2018, -- Pangkalan TNI AL Lhokseumawe, Provinsi Aceh, dalam waktu dekat akan memiliki dermaga khusus untuk menunjang tugas pokok TNI AL dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia khususnya diwilayah perairan Aceh dan sekitarnya.

Kepastian pembangunan dermaga khusus Lanal Lhokseumawe tersebut diperoleh pada kunjungan kerja Panglima Armada Barat Laksamana Muda TNI Yudo Margono ke Lanal Lhokseumawe, Rabu (11/12)

Pangarmabar mengatakan, tujuan kunjungan kerjanya tersebut adalah untuk meninjau sejumlah lanal yang berada di wilayah strategis khususnya yang memiliki tingkat kerawanan dan wilayah perbatasan. Prioritasnya adalah memastikan Pangkalan-pangakalan strategis tersebut siap mendukung tugas Koarmabar. Selain itu, kunjungannya ini merupakan agenda dalam rangka memperkenalkan diri seusai beliau dilantik menjadi Pangarmabar.

"Pangkalan harus mampu mendukung operasional KRI, dan pangkalan yang strategis harus memiliki dermaga. Untuk itu, kunjungan saya selaku Pangarmabar yang baru adalah untuk memastikan hal tersebut dapat terwujud. Tentunya dengan bekerjasama dan bantuan pihak pemerintah daerah" ujar Pangarmabar.

Kunjungan ke beberapa wilayahnya adalah untuk melihat langsung dan menentukan prioritas-prioritas penting bagi pengembangan lanal itu sendiri.

Pada kesempatan itu, Pangkoarmabar mengatakan, selama ini berbagai jenis kapal milik TNI AL bersandar di dermaga umum karena Lanal Lhokseumawe belum memiliki dermaga khusus. Oleh karena itu, keberadaan dermaga bagi Lanal Lhokseumawe menjadi prioritas.

"Lanal Lhokseumawe belum memiliki dermaga sehingga apabila ada kapal TNI AL terpaksa bersandar di dermaga umum. Kami berharap realisasi dermaga khusus bagi Lanal Lhokseumawe dapat ditindaklanjuti secepat mungkin," ujar Laksda TNI Yudo Margono.

Apalagi, tambahnya, Lanal Lhokseumawe adalah Tipe B yang dipimpin oleh seorang pimpinan berpangkat kolonel sehingga keberadaan dermaga menjadi salah satu kelengkapan lanal dalam mengoptimalkan perannya sebagai penunjang tugas pokok TNI AL.
"Kami usahakan memenuhi syarat sebagai pangkalan dan dekat dengan laut untuk mendukung tugas pokoknya sehingga keberadaan dermaga menjadi salah satu prioritas," ucap Pangarmabar.

Sementara itu, Lanal Lhokseumawe akan membangun dermaga khusus di kawasan Pantai Rancung, Batuphat, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Dalam kunjungan kerja ini Pangarmabar dan rombongan juga menyempatkan diri melihat lahan di kawasan Rancung yang rencananya akan dibangun dermaga untuk mendukung unsur-unsur KRI dalam melaksanakan tugas operasi.

Dalam kunjungan kerja Pangarmabar ke Lanal Lhokseumawe, selain didampingi oleh Dan Lanal Lhokseumawe Kol Laut (P) M. Sjamsul Rizal, juga didampingi Bupati Aceh Utara Muhammad Thaibm, Wakil Wali Kota Lhokseumawe Yusuf Muhammad dan sejumlah pejabat TNI-Polri di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. (Bgs)