|
find us on : 
Home > MELITER > Kodiklatal Adakan Bimtek Pengisisan SPT Orang Pribadi Secara Online

Kodiklatal Adakan Bimtek Pengisisan SPT Orang Pribadi Secara Online

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 21 Maret 2018 | 22:00:48
dibaca | 532 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Dalam rangka memberikan penyegaran kembali tentang pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), Komando Pembinaan Doktrin Penndidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mengadakan bimbingan teknis tentang pengisisan SPT orang pribadi secara online (e-filling) bagi para juru bayar di Ruang Serbaguna Pusdikbanmin, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya (21/3).

Acara tersebut, diikuti oleh 40 peserta dari staf Mako Kodiklatal, Denma Kodiklatal, Kodikopsla, Kodikmar, Kodikdukum, Puslatdiksarmil, Puslatlekdalsen, Puslatopsla dan Puslatmar.

Dalam sosialisasi tersebut, Kodiklatal menggandeng Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Surabaya, Krembangan yang beralamat di Jl. Indrapura, Surabaya.

Menurut Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Pajak KPP Krembangan I Nyoman Suryadharma, menjelaskan bahwa pajak merupakan instrumen penting dalam pembangunan, karena itu prajurit TNI sebagai abdi negara harus mendukung kebijakan perpajakan untuk kepentingan negara.

Sementara itu, Ka Akun Mako Kodiklatal Letkol Laut (S) Rudi Setiawan, S.E., mengatakan bahwa cara mengisi SPT Pribadi dan e-Filing SPT tahunan orang pribadi di aplikasi Online Pajak lebih mudah, cepat dan gratis.

Setiap tahun, lanjutnya, wajib pajak orang pribadi, baik yang bekerja sebagai pegawai maupun pemilik bisnis/pekerja bebas harus melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan yang berisikan total pendapatan kotornya dan pajaknya yang telah dibayarkan kepada negara, baik melalui sistem DJP Online atau aplikasi penyedia jasa yang menjadi mitra resmi DJP seperti Online Pajak.

Sebelum mulai mengisi dan melaporkan SPT Tahunan Pribadi, tambahnya, harus disiapkan data dari dokumen-dokumen seperti Formulir 1721 A1 atau A2, EFIN dan apabila ada penghasilan lainnya, kewajiban/utang, serta harta maka datanya harus disiapkan juga. (Bgs)