|
find us on : 
Home > MELITER > Danlanud Adi Sutjipto Buka Latihan Survival Dasar Sekbang A-96/PSDP A-32

Danlanud Adi Sutjipto Buka Latihan Survival Dasar Sekbang A-96/PSDP A-32

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 14 Maret 2018 | 15:59:10
dibaca | 1252 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M., membuka Latihan Survival Dasar Sekbang Angkatan 96/PSDP Angkatan 32 dalam sebuah upacara militer, bertempat di Lapangan Jupiter lanud Adisutjipto, Selasa (13/3).

Latihan Survival dasar Sekbang A-96/PSDP A-32 diikuti oleh 19 Siswa. Sesuai jadwal, latihan bagi siswa sekbang ini terlebih dahulu akan dilaksanakan pra survival tanggal 14-15 Maret yang digelar di Pangkalan Adisutjipto. Sedangkan survival akan diberangkatkan tanggal 19 sampai dengan 22 Maret mendatang bertempat di Waduk Sempor Kebumen dan Lanud Jenderal Besar Soedirman Purbalingga.

Komandan lanud Adisutjipto marsma TNI Ir. Novyan samyoga, M.M saat membacakan sambutannya menyampaikan Latihan Survival Dasar diberikan kepada para siswa Sekbang dengan maksud untuk membekali para calon air crew tentang pengetahuan dan ketrampilan dasar bagi setiap individu agar mampu mempertahankan hidup di darat maupun di air apabila terjadi suatu accident penerbangan.

Menurutnya kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan wawasan bagaimana memanfaatkan berbagai potensi dan kekayaan alam di daerah latihan untuk dimanfaatkan dalam upaya mempertahankan hidup sampai dengan mendapatkan pertolongan yang diharapkan, imbuh Danlanud.

Sementara Komandan Skadik 104 Letkol Pnb. Didik Setia Nugraha, selaku Komandan latihan menyampaikan bahwa latihan Dasar Survival merupakan tahapan akhir dari kegiatan Bina Kelas (ground school), sebelum melaksanakan praktik terbang yang sesungguhnya.

Materi Latihan meliputi jalan peta, kompas, naik turun gunung, pelolosan dan penghinadaran, survival, bertahan diri, makan ular tumbuhan, hoisting, sar air dan sar hutan.

Usai upacara pembukaan latihan Survival Dasar Danlanud didampingi para pejabat Lanud Adisutjipto memimpin gelar perlengkapan serta memeriksa perlengkapan dan perbekalan yang akan digunakan para siswa selama latihan.

Turut hadir dalam upacara pembukaan diantaranya Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb Deny Simanjuntak, para Kadis serta para Pejabat di jajaran Lanud Adisutjipto. (Bgs)