|
find us on : 
Home > NASIONAL > Tim Paliatif RSUP Dr. Soetomo Rutin Adakan Penyuluhan di RSP IZI Jatim

Tim Paliatif RSUP Dr. Soetomo Rutin Adakan Penyuluhan di RSP IZI Jatim

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 13 Maret 2018 | 19:51:52
dibaca | 1378 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Rumah Singgah Pasien (RSP) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) IZI Perwakilan Jawa Timur (Jatim) menerima tamu kehormatan dari Instalasi Paliatif Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Soetomo.

Sejak RSP IZI Jatim diresmikan pada Agustus 2017 lalu, tim Instalasi Paliatif Dr. Soetomo rutin memberikan penyuluhan satu hingga dua kali dalam seminggu kepada pasien di RSP.

"Bapak, Ibu, disini harus tetap semangat menjalani pengobatan. Bersyukur ada RSP IZI Jatim yang memberikan Bapak Ibu tempat singgah dengan kegiatan keislaman yang harapannya mendukung Bapak dan Ibu untuk sembuh."

Demikian disampaikan Agus salah satu Pimpinan Instalasi Paliatif RSUD Dr. Soetomo Surabaya kepada para Pasien yang dilaksanakan di RSP IZI Jatim pada Jumat (9/3)lalu.

Instalasi Paliatif merupakan bentuk layanan rehabilitasi spesifikasi untuk meringankan penderitaan pasien.

Layanan paliatif diberikan secara menyeluruh dan terpadu terhadap berbagai aspek fisik, psikologis, sosial, dan spiritual, sehingga diharapkan dapat meringankan penderitaan pasien dan beban keluarga.

Lanjutnya Agus menerangkan, apapun jenis pasien yang memerlukan penangan dari paliatif adalah pasien dengan nyeri, pasien kanker stadium lanjut, ODHA (Orang dengan HIV/AIDS), pasien dengan penyakit degeneratif (seperti: stroke dan penyakit-penyakit ketuaan), dan lain-lain (pasien dengan kelainan bawaan dan gangguan dalam aktivitas).

"Untuk lekas sembuh dari sakit, Bapak dan Ibu juga perlu mengatur pikiran agar selalu positif dan yakin bisa sembuh. Sertakan pula untuk sabar," tambahnya.

Perlu diketahui, untuk melakukan tindakan terapi kemo saja, menurutnya pasien harus dalam kondisi HB normal.

"Jika di bawah standar, maka terlebih dahulu ia harus jalani perawatan agar kondisi HB kembali normal," tutur Agus.

Pasien di RSP pada umumnya adalah para penderita penyakit kanker, tumor maupun penyakit bawaan yang notabene memerlukan waktu cukup lama untuk sembuh.

"Kata dokter, penyakit saya butuh tahunan untuk sembuh, Mbak," ungkap Bu Khoiriyah, salah satu pasien penderita tumor ganas di bagian leher.

Bagi RSP IZI Jatim, adanya Paliatif memberikan sumbangsih dalam mengontrol hal-hal psikologis pasien yang tidak dapat diberikan oleh pihak RSP IZI Jatim.

"Tentunya kami bersyukur dan semoga dari kunjungan Paliatif ini semakin membuat pasien semangat untuk sembuh dan pendamping bisa saling sokong untuk sabar melayani keluarganya yang sedang sakit," tutup Abdurrohim Nur selaku Kepala RSP IZI Jatim.


BERITA TERKAIT :