|
find us on : 
Home > NASIONAL > Bersama Pertamina, IZI Persembahkan Gizi untuk Bangsa

Bersama Pertamina, IZI Persembahkan Gizi untuk Bangsa

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 13 Maret 2018 | 19:46:35
dibaca | 1288 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sulawesi Tengah bersama PT. Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Donggala komit adakan program Gizi untuk Bangsa.

Program kerjasama tersebut berlangsung sepanjang tahun 2018. Adapun sebelumnya, sebagai program awal telah dilaksanakan penyaluran makanan kepada para penyandang gizi buruk.

"Kami berbahagia atas kesepakatan kerjasama ini bersama Mitra PT. Pertamina TBBM Donggala. Pasalnya, kami bersama Pertamina mempunyai kesamaan maksud yaitu dalam upaya tangani gizi masyarakat yang kurang, serta mengentaskan kemiskinan yang hingga kini masih menyelimuti warga Sulteng."

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan IZI Sulteng, Sabiin Sy. Lanta kepada Tim Media Pusat pada Jumat (9/3) dari Donggala.

Pelaksanaan program Gizi untuk Bangsa tersebut diawali dengan menyalurkan makanan dan pemeriksaan kesehatan kepada warga Desa Loli Oge, Donggala.

Sebanyak 180 paket makanan turut disalurkan secara langsung oleh kedua pihak tersebut, yang dilanjutkan dengan pengobatan gratis kepada 32 penyandang gizi buruk.

"Sebenarnya program pelaksanaan kerjasama ini sudah dilaksanakan sebelumnya, yaitu menyalurkan makanan kepada para penyandang gizi buruk. Memang tak banyak, dan dari situ sekaligus mendata jumlah warga miskin serta yang mengidap penyakit tersebut untuk kita bantu di kesempatan selanjutnya," ujar Arief Mustafa, selaku Koordinator Community Development Officer PT. Pertamina TBBM Donggala.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, terhitung sejak tanggal 8 hingga 9 Maret 2018, turut menggandeng beberapa pihak lembaga kemanusiaan maupun medis seperti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pusat Layanan Kesehatan (Puskesmas) daerah setempat serta Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sulteng.

"Pada pelaksanaan acara tersebut, kita turut sinergi dengan beberapa pihak yang fokus bergerak di bidang kesehatan seperti Posyandu, Puskesmas hingga BSMI Sulteng," tambah Arief Mustafa.

Pada proses pemeriksaan kesehatan tersebut melingkupi beberapa pelayanan seperti layanan konsultasi kesehatan, pemeriksaan tensi darah, gula darah, asam urat, kolesterol hingga penanganan para pengidap gizi buruk.

"Selain kami menyalurkan bantuan makanan, juga memberikan pelayanan kesehatan yang melingkupi beberapa pelayanan seperti layanan konsultasi kesehatan, pemeriksaan tensi darah, gula darah, asam urat, kolesterol hingga penanganan para pengidap gizi buruk," tutur Arief.

Berbeda halnya dengan layanan pemeriksaan kesehatan bagi pengidap gizi buruk, berbagai pihak mengkhususkan pemeriksaan tersebut dengan pemberian tambahan makanan yang bergizi, seperti bubur ayam yang diberikan kepada balita dan anak-anak.

"Pelaksanaan program Gizi Bangsa tersebut diawali dengan menyalurkan makanan kepada warga miskin, yang kemudian dilanjut dengan sesi pemeriksaan kesehatan. Khusus untuk para pengidap gizi buruk, kami istimewakan mereka dengan tambahan makanan bergizi seperti bubur ayam," lanjut Sabiin.

Berbagai tanggapan dan kesan positif diberikan masyarakat. Hal yang membuat suasana kali itu menjadi penuh haru, seakan mereka dapat hidup lebih baik dari sebelumnya.

"Kami sangat senang dan bersyukur dengan adanya program ini. Karena tidak biasanya ada program semacam ini yang memberikan bantuan kepada warga yang kurang gizi, baik anak-anak maupun dewasa," pungkas Dewi, salah satu penerima manfaat program tersebut.

BERITA TERKAIT :