|
find us on : 
Home > MEGAPOLITAN > Cuaca Buruk, Kapal KMC AD-16-05 Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu

Cuaca Buruk, Kapal KMC AD-16-05 Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 12 Maret 2018 | 19:04:00
dibaca | 1225 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Kapal Cepat Komando milik TNI AD, KMC AD-16-05 Tenggelam di pertengahan Perairan Laut Kepulauan Seribu, dalam perjalanan pengamanan persiapan kegiatan Bhakti Sosial TNI AD, yang akan di gelar pada Rabu (14/3) mendatang, di Kepulauan Seribu.

Kepala Penerangan Kodam Jaya (Kapendam Jaya) Letkol Inf Kristomei Sianturi membenarkan bahwa, telah terjadi musibah tenggelamnya kapal KMC AD-16-05 tersebut, di pertengahan perairan Kepulauan Seribu, dalam perjalanan dari Jakarta menuju kepulauan Seribu pagi tadi.

"Kebetulan hari ini ada tim-tim pendahulu yang akan menyiapkan kegiatan Bhakti Sosial TNI AD, yang akan diselenggarakan pada Rabu (14/3) mendatang," ujarnya ketika dikonfirmasi melalui telpon selularnya, Senin (12/3).

Kristomei menjelaskan kronologi kejadian, Kapal KMC AD-16-05 tersebut pada pukul 7.00 WIB, berangkat dari jakarta. Kemudian kurang lebih pada pukul 11.10 WIB, Kapal KMC AD-16-05 tersebut mengalami gangguan engine yang mengakibatkan mati mesin, sehingga kapal terombang ambing di pertengahan perairan kepulauan seribu.

"Kebetulan memang hari ini terjadi perubahan cuaca yang begitu cepat, ombak yang begitu tinggi sehingga menghantam kapal KMC AD 16-05 tersebut, dan menyebabkan kapal tersebut tenggelam di pertengahan perairan kepulauan seribu," tambahnya.

Kristomei meyampaikan bahwa, seluruh personel Kodam Jaya yang terlibat atau yang berada dalam kapal tersebut seluruhnya telah dievakuasi. Kapal KMC AD-04-15 merapat ke kapal KMC AD-16-05 untuk melakukan Evakuasi atau penyelamatan penumpang agar pindah ke kapal lain, pukul 11.10 Wib kapal KMC AD-16-05 tengelam dan 65 orang dapat di efakuasi. Sebelum berlayar kapal tersebut telah dilakukan pemeriksaan sesuai standar operasi.

"Kita lakukan pengecekan sesuai aturan kita, melakukan pengecekan pengecekan. Pagi ini juga kita telah mengirimkan tim investigasi lebih lanjut untuk mengetahui apa penyebab tenggelamnya kapal tersebut," pungkasnya. (Bgs)

BERITA TERKAIT :