|
find us on : 
Home > NUSANTARA > Pangdam XIII/Merdeka Resmikan Kantor Bersama Tiga Pilar Desa

Pangdam XIII/Merdeka Resmikan Kantor Bersama Tiga Pilar Desa

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 09 Maret 2018 | 13:30:45
dibaca | 1558 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, SE MM telah meresmikan Kantor Bersama Tiga Pilar di Desa Kulu Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara.

"Peresmian dilaksanakan Kamis 8 Maret 2018 Pukul 09.00 wita," ujar Kasipensat Pendam XIII Merdeka, Jumat (9/3/2018).

Selain di Desa Kulu ini, kantor bersama Tiga Pilar Desa juga sama-sama diresmikan di tiga daerah lainnya di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka. Di antaranya di Bolmong satu unit dan di Poso dua unit.

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, SE MM dalam sambutannya mengatakan bahwa ide pembentukan Tiga Pilar Desa (TPD) ini sebenarnya adalah tindak lanjut dari agenda prioritas nasional Nawacita, yang antara lain menyebutkan menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga Indonesia dan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara Kesatuan.

"Untuk mewujudkan amanah tersebut diperlukan sinergitas antar komponen masyarakat yang dimulai dari level terendah, yakni di tingkat desa melalui kantor bersama Tiga Pilar Desa yang terdiri dari Babinsa dari unsur Satkowil TNI AD, Babinkamtibmas dari unsur Polri dan Kepala Desa dari unsur pemerintah daerah," ujar Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, SE MM.

Lanjut pangdam, Sinergitas ini diyakini dapat memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di desa dengan cara memperkuat peran Forkopimda melalui kekhasan masing-masing unsur untuk mendeteksi dan mencegah secara dini setiap potensi dan terjadinya konflik di daerah, dan bahkan jika memungkinkan segera menyelesaikannya di tingkat desa atau secara adat, sehingga tidak perlu menempuh jalur hukum yang memerlukan proses relatif panjang dan melelahkan.

"Optimalisasi TPD di wilayah merupakan suatu keniscayaan, karena menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan stabilitas daerah agar tercipta suasana yang aman, damai dan kondusif, sehingga pembangunan di seluruh pelosok negeri dapat berjalan dengan lancar," ujar Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, SE MM.

Namun demikian, kata pangdam keberhasilan program TPD ini juga memerlukan kerjasama dari segenap pemangku kepentingan di desa dan seluruh warga masyarakat desa untuk bersama-sama berkomitmen menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib dan damai di lingkungan desa ini.

"Keberadaan kantor bersama Tiga Pilar Desa di Kulu ini adalah pilot project atau perintis atau model awal sinergitas tiga aparat teritorial di desa di wilayah provinsi Sulawesi Utara. Keberhasilan kantor bersama TPD untuk menekan terjadinya berbagai kasus tindak pidana ringan, baik secara kuantitas maupun kualitas, tentunya dapat menjadi role model bagi desa-desa lainnya di seluruh daerah di provinsi Sulawesi Utara yang kita banggakan bersama ini," ujar Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, SE MM.

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, SE MM mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada semua pihak yang telah turut membantu terwujudnya kantor bersama Tiga Pilar Desa di Desa Kulu ini.

"Mudah-mudahan, kantor bersama ini menjadi salah satu tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk mengadukan berbagai permasalahan dan berfungsi sebagai tempat layanan terpadu bagi masyarakat. Tempat yang representatif untuk berdiskusi dan berkoordinasi bagi TPD untuk membahas dan memecahkan berbagai persoalan desa secara ber-martabat melalui musyawarah yang merupakan jatidiri masyarakat Indonesia, serta menjadi tempat bertemunya masyarakat dengan aparat TPD untuk membahas berbagai permasalahan sosial yang terjadi dan berkembang di tengah-tengah masyarakat," ujar Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, SE MM. (Bgs)

BERITA TERKAIT :