|
find us on : 
Home > PENDIDIKAN > Lewati 3 Tahapan Uji Desertasi, Jurnalis Senior Raih Gelar Doktor

Lewati 3 Tahapan Uji Desertasi, Jurnalis Senior Raih Gelar Doktor

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 26 Februari 2018 | 06:23:19
dibaca | 2692 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Setelah melewati 3 tahapan ujian desertasi, yakni dimulai dari sidang kolokium, seminar hasil dan sidang tertutup, serta terakhir sidang terbuka. H. Inan Riau Hasibuan, seorang jurnalis senior yang juga CEO Cahaya News Group. Dinyatakan lulus dengan nilai sangat memuaskan.

Putra Kepulauan Riau yang lahir 55 tahun silam ini, berhasil menyelesaikan study ekonominya dan meraih gelar Doktor (S3), Ilmu Ekonomi pada Fakultas Program Pasca Sarjana Universitas Borobudur Jakarta, Sabtu (24/2).

Inan RH merupakan lulusan ke 164 dengan gelar Doktor dari universitas Borobudur. Dalam desertasinya, Pemimpin Umum Majalah Cahaya ini, mengupas tentang faktor-faktor investasi yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan dampaknya terhadap kesempatan kerja, kemiskinan dan pemerataan pendapatan di Kepulauan Riau.

Selain Inan ada satu kandidat lagi yang juga menjalani sidang desertasi, yakni Armila Reny WA, yang berasal dari Lampung. Judul desertasinya adalah Pengaruh Struktur Ekonomi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kesempatan Kerja dan Kemiskinan di Provinsi lampung.

Sidang digelar di kampus Universitas Borobudur Jalan Kalimalang Gedung D lantai 8 di sekitar pukul 11:00 Wib. Sidang disertasi ini dibuka oleh prof Dr H Basir Barthos, yang tak lain adalah Rektor Universitas Borobudur, yang selanjutnya diserahkan kepada DR M Faisal Amir, Direktur Promosi Pasca Sarjana, selaku Ketua Sidang.

Sepanjang sidang desertasi tersebut, Enam tim penguji juga mengajukan berbagai pertanyaan. Diantarnaya adalah Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita. MSc, Dr. Puji Astuti. SE, MM, Prof. Dr. Sudarsono, MSc dan Prof Dr. Eamudi Arifin, MSc. Namun semuanya dapat dijawab dengan baik.

Hal yang juga diapresiasi oleh tim penguji, bahwa Inan yang di masa muda sempat bercita-cita menjadi arsitek, ternyata dapat menyelsaikan kuliah program doktor ilmu ekonominya tepat waktu.

"Alhamdulillah, saat-saat yang menegangkan ketika mempertahankan desertasi di hadapan tim penguji, bisa saya lalui," ujar Inan, yang juga terjun di bisnis Minerba, kepada media ini usai dinyatakan lulus.

Selanjutnya pada tanggal 11 Maret mendatang akan dilangsungkan wisuda bersama lulusan S1, S2 dan S3 di Gedung Jakarta Convensionn Centre Jakarta.

BERITA TERKAIT :