|
find us on : 
Home > MELITER > Danlanud Halim Perdanakusuma Buka Latihan Dasar Survival Dasar 2018

Danlanud Halim Perdanakusuma Buka Latihan Dasar Survival Dasar 2018

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 20 Februari 2018 | 18:46:50
dibaca | 1324 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., membuka secara resmi Latihan Survival Dasar 2018, di lapangan Appron Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma. Upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda latihan kepada perwakilan Kolat (Komando Latihan) dan Pelaku, Selasa (20/2).

Dalam sambutan Danlanud Halim Perdanakusuma yang dibacakan oleh Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Bambang Gunarto mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakan latihan adalah untuk melatih dan memelihara kemampuan awak pesawat untuk bertahan hidup dan mencari pertolongan ketika pesawat terpaksa melaksanakan pendaratan darurat, baik di daratan maupun perairan, sekaligus mengaplikasikan keterampilan dan kemampuan operasi para personel di satuan masing-masing.

"Latihan Survival Dasar 2018 merupakan perwujudan dari pelaksanaan tugas Lanud Halim Perdanakusuma yang akan berlangsung selama tiga hari mulai Rabu (21/2) hingga Jumat (23/2) mendatang di wilayah Kalijati, Subang." ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Danlanud Halim Perdanakusuma menekankan kepada seluruh peserta latihan untuk menjaga kerjasama antar anggota kelompok dalam melaksanakan latihan.

"Kerjasama antar anggota kelompok dalam menghadapi rintangan dan hambatan di alam, serta berupaya mendapatkan pertolongan segera mungkin menjadi inti dari latihan", kata Danlanud.

"Keterampilan teknik, strategi dan soliditas kelompok yang baik, menentukan tingkat keberhasilan latihan", tegas Danlanud.

Sedangkan Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma selaku Direktur Latihan (Dirlat) menyebutkan bahwa Latihan Survival Dasar 2018 ini melibatkan 179 personel, dengan peserta latihan 100 personel, dan 79 personel lainnya sebagai Komando Latihan (Kolat), Pelatih, serta Pendukung.

"Peserta latihan dari Lanud Halim Perdanakusuma sendiri sebanyak 70 personel, yang terdiri dari personel masing-masing skadron Lanud Halim Perdanakusuma, Pramugari VIP/VVIP TNI AU, dan Pramuka Saka Dirgantara, sedangkan 30 peserta lainnya berasal dari PMI, Damkar, SAR DKI, Satpol PP, dan Pilot sipil", ujarnya.

"Pada pelaksanaan latihan nanti, akan tergabung pula dari Wing Udara 8 Lanud Suryadarma, yang akan melaksanakan latihan secara bersama-sama", tambahnya.

Acara pembukaan Latihan Survival Dasar 2018 Lanud Halim Perdanakusuma dihadiri pula oleh Ketua PMI Jakarta Timur, Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Ka Satpol PP Jakarta Timur, serta seluruh pejabat lingkungan Lanud Halim Perdanakusuma. (Bgs)

BERITA TERKAIT :